Pemakaian Laptop Mahasiswa UBL

marco

Dari hasil pengamatan di Universitas Budi Luhur,  saat ini banyak mahasiswa yang menggunakan laptop untuk membantu proses perkuliahan.  Komputer sangat membantu dan memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya. Penggunaan laptop semakin tinggi  dibandingkan dengan komputer desktop. Laptop lebih dipilih karena sifatnya lebih fleksibel dan fashionable. Pasar terbesarnya adalah kalangan pelajar, mahasiswa dan profesional muda.

Laptop sangat diminati karena dapat digunakan dimana saja dan juga penggunaan laptop memberikan dampak positif bagi proses belajar dan mengajar.  Di Universitas Budi Luhur, saat ini banyak mahasiswa yang membawa dan menggunakan Laptop untuk membantu mereka dalam proses perkuliahan baik dalam mengerjakan tugas maupun untuk akses internet. Disamping itu pihak universitas juga telah menyediakan fasilitas internet (wireless), dengan fasilitas ini mahasiswa dapat menggunakan internet dengan gratis.

Selain memberikan dampak positif, ternyata penggunaan laptop juga menimbulkan dampak  negatif karena desain monitor yang menempel pada keyboard akan memberikan masalah bagi para penggunanya. Penggunaan laptop yang meningkat, serta seringkali digunakan dalam waktu yang lama berisiko untuk menimbulkan gangguan kesehatan terkait dengan penggunaan laptop. Oleh sebab itu perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui gangguan kesehatan dan faktor risiko akibat penggunaan laptop dikalangan mahasiswa.

Karakteristik gangguan kesehatan yang disebabkan oleh intensitas pemakaian laptop cenderung pada gangguan atau cidera tingkat rendah yang muncul lambat laun setelah proses salah yang lama dan berulang (repetitif) ketika menggunakan laptop. Walaupun muncul secara evolusif, hasil akhir tetap  sama berupa gangguan kesehatan yang serius seperti gangguan saraf, gangguan penglihatan, cidera otot dan pergelangan dll. Gangguan tersebut rata-rata diakibatkan oleh tidak lancarnya aliran darah serta ketegangan dibagian tubuh tertentu secara terus-menerus dan berulang. Hal ini bisa berlangsung bertahun-tahun sebelum gangguan itu muncul sebagai suatu cidera yang serius.

Gangguan kesehatan yang tidak kita sadari yang mungkin muncul dan mengganggu produktivitas kita perlu diperhatikan dan dikaji. Gangguan kesehatan  kerja semakin menjadi perhatian publik dengan menempatkannya sebagai suatu kajian ilmu tersendiri yaitu  ergonomi. Ergonomi akan mengkaji dan berusaha mencari kesesuaian antara kondisi fisik pengguna laptop, lingkungan kerja dan jenis aktifitasnya. Hasilnya dapat berupa desain kerja yang lebih baik dari metode kerja, perangkat kerja, tempat kerja dll.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =