Konfigurasi Document Root

May 8th, 2013 | Posted by yayuk.anggraini in PHP

Pada tulisan sebelumnya, kita telah membahas tentang file index.php yang tampil ketika Anda memanggil localhost. Di sini kita akan membahas cara mengubah documentroot yang tadinya di C:\xampp\htdocs kemudian di ubah ke drive yang Anda inginkan contoh di lab di drive E:\ . (diasumsikan Anda telah sukses menginstal Xampp)

Let’s try this….

  1. Buka file httpd.conf di C:\xampp\apache\conf. Kemudian cari (ctrl+F) DocumentRoot, seperti di bawah ini:Ubah DocumentRoot “nama_drive:/” menjadi drive yang Anda inginkan contoh: nama_drive: D:/Yayuk/htdocs maka menjadi DocumentRoot “D:/Yayuk/htdocs”
  2. Setelah itu cari(ctrk+F) seperti di bawah ini: ganti <Directory “nama_drive atau folder:/”> menjadi nama_drive yang Anda inginkan, contoh : nama_drive dan folder : D:/Yayuk/htdocs maka menjadi <Directory “D:/Yayuk/htdocs”>
  3. Setelah ke dua langkah tersebut, jangan lupa di save(ctrl+S)
  4. Kemudian masuk ke control panel(xampp-control.exe) -nya Xampp di C:\xampp, double click hingga tampil :kemudian restart apachenya.
  5. Setelah step-step di atas, maka cobalah Anda panggil localhost-nya di browser. Coba perhatikan file-file yang muncul di dalamnya. Sama seperti file di drive yang Anda inginkan bukan?

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 You can leave a response, or trackback.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =